Ubah ke  Laptop  HP  M1, 2
Download Katalog
Pilih   ID EN
HOME- Pendahuluan
TUJUAN
PENDAFTARAN MHS
RINGKASAN PAPARAN
APA SAJA KEUNGGULANNYA
BIAYA STUDI

UNDANG-UNDANG DASAR 45 MENDUKUNG KELAS EKSTENSI

HUBUNGI LAYANAN KAMI
TANYA JAWAB/SELEKSI MHS BARU
BEASISWA 2019/2020
PROGRAM STUDI + KURIKULUM
DOWNLOAD PENDAFTARAN

MASA STUDI & BEBAN KULIAH
FOTO PERKULIAHAN PTS2
JADWAL PERKULIAHAN & DOSEN
SISTEM KULIAH
PTS GOOGLE MAP
TRANSPORTASI KAMPUS
Pilihan Terbaik
Mendapat Kerja Baru


Tautan Pengetahuan
Departemen Pertahanan
Kedutaan Besar Belarusia
Lembaga Bencana Alam
Link ke Tautan ke Swiss
Lokasi ATM di Jakarta Timur
Situs Hosting Indonesia

Download Gratis
Brosur Kelas Karyawan
Gabungan Seluruh Wilayah Indonesia

PDF (11,5 MB)ZIP (7,6 MB)
JPG (35,2 MB)
Brosur Kelas Karyawan
JABODETABEK

PDF (4,7 MB)ZIP (3,8 MB)
JPG (4,4 MB)
Brosur Kelas Karyawan
DIY,JATENG,JATIM & BALI

PDF (6,0 MB)ZIP (3,1 MB)
JPG (9 MB)
Brosur Kelas Karyawan
JAWA BARAT

PDF (4,3 MB)ZIP (2,0 MB)
JPG (2,8 MB)
Brosur Kelas Karyawan
SULAWESI

PDF (2,8 MB)ZIP (2,7 MB)
JPG (3,7 MB)
Brosur Kelas Karyawan
SUMATERA & BATAM

PDF (3,8 MB)ZIP (3,7 MB)
JPG (3,8 MB)
Brosur Reguler Siang
PDF (5,4 Mb)ZIP (7,1 Mb)
Kalender Indonesia 2019
JPG (982 Kb)PDF (1.6 Mb)
Serahkan juga : Transportasi Kampus Bobot Kredit & Masa Studi   ∗ Kelas Sore/Malam   ∗ Program Pascasarjana Manajemen
Lihat juga :   » Program Studi Lainnya
» Daftar/Tabel Program Studi
Nama Program Studi:Agroteknologi (Agroindustri, Teknologi Industri Pertanian) (S-1)
Rumpun Ilmu:Ilmu Pertanian
Konsentrasi / Kekhususan / Peminatan:
  • Agroindustri
  • Agroteknologi (Teknologi Industri Pertanian)
Gelar / Sebutan Lulusan:Sarjana Teknologi Pertanian atau Insinyur
Singkatan Gelar sesuai EYD:S.T.P. atau Ir.
Singkatan Gelar yang populer :STP. atau Ir.

PTS Penyelenggara (silakan klik) :
UNFARI - Universitas Al-Ghifari, Bandung
UNSUB - Universitas Subang, Jawa Barat
UNDARMA - Universitas Karyadarma, Kupang
UHAMZAH - Universitas Amir Hamzah, Medan
UTND - Universitas Tjut Nyak Dhien Medan
KAHURIPAN - Universitas Kahuripan Kediri
USCND Langsa - Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa
UM Palangkaraya - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
UNBAR - Universitas Bandung Raya
UNIBA - Universitas PGRI Banyuwangi
UBY - Universitas Boyolali
UNU KALBAR - Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
al azhar - Universitas Al-Azhar Medan

Beban Studi dan Masa Studi :
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Agroteknologi (Agroindustri, Teknologi Industri Pertanian)
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Agroteknologi (Agroindustri, Teknologi Industri Pertanian)
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Agroteknologi (Agroindustri, Teknologi Industri Pertanian)
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum / Mata Kuliah:Lihat di bawah ini
Prospektus:Lihat di bawah ini
(Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja / Karir Lulusan)

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Teknologi Industri Pertanian
(Agroindustri, Agroteknologi)
Kompetensi Lulusan S1 Teknologi Industri Pertanian
Lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian dibekali dengan pengetahuan, etika profesi, ketrampilan dan kemampuan mengembangan dan menerapkan teknologi dengan melibatkan ilmu-ilmu kimia, matematik, fisika, keteknikan dan biologi untuk konservasi tanah, memproduksi hasil pertanian dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk sajian termasuk cara-cara pengawetannya, yang mempunyai nilai tambah di dalam kualitas, nilai gizi dan daya gunanya serta siap untuk dimanfaatkan sebagai bahan industri, perdagangan dan bahan konsumsi, dengan mengadakan optimasi proses dan manajemen di dalam sistem produksi hayati.

Lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian :
  • Memiliki kemampuan menggunakan, merancang dan mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri.
  • Memiliki kemampuan mengelola sistem agroindustri meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi.
  • Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif.
  • Memiliki kemampuan merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian)
  • Memiliki kemampuan melakukan proses transpormasi infut (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode)
  • Mampu mengadakan penelitian dan pengembangan sistem agroindustri untuk improvisasi dan inovatif dengan proses pengolahan yang baik ke arah efisiensi.
  • Mampu melakukan monitoring dan pengendalian kualitas yang mencakup kebutuhan bahan baku, bahan penolong, bahan pengawet dan produk sesuai dengan kualitas dan keamanan.
  • Mampu melakukan pengendalian dan pengontrolan serta merancang spesifikasi bahan-bahan dalam pengolahan, mesin, peralatan dan prosedur pengolahan untuk menjadi mutu dan keamanan produk pertanian yang terjamin.
  • Memiliki kemampuan melakukan perencanaan dan perancangan mesin, dan peralatan proses pengolahan yang efektif, efisien dan aman swsuai dengan standar kualitas.
  • Mampu melakukan pengaturan dan pengendalian serta pembelian dan pemasaran bahan baku, bahan penolong dan produk yang terlibat dalam proses pengolahan pada agroindustri.
  • Memiliki kemampuan melakukan penanganan pasca panen hasil pertanian, mengolah hasil pertanian, melakukan sanitasi dan pengawasan, menjalankan manajemen industri pertaniann, dan mampu melaksanakan kewirausahaan.
  • Menguasai ketrampilan teknis dan manajerial tentang budidaya, seperti penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, pengendalian hama penyakit gulma, panen dan pasca panen serta kompetensi manajerial dan kewirausahawan.
  • Memiliki pengetahuan dan apresiasi pada sistem biologi atau pertanian yang digunakan sebagai dasar penerapan teknologi dan keteknikan.
  • Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknologi pada pengolahan hasil pertanian dan membuat pendekatan untuk upaya pemecahan masalah serta evaluasinya.
  • Memiliki kemampuan merancang sistem dan proses dengan memperhatikan aspek-aspek gizi, ekonomi, sosial dan dampak lingkungannya.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi, melakukan pembelajaran secara mandiri dan membangun kerjasama.
  • Memiliki jiwa wirausaha yang menguasai teknologi dengan profesionalisme tinggi serta mampu mengadopsi dan menjadi inovator yang peka dan tanggap terhadap perkembangan teknologi industri pertanian, sehingga mampu memanfaatkan peluang usaha yang didasari pertimbangan keilmuan.
  • Memiliki jiwa sosial dan profesionalisme yang bertanggungjawab untuk memecahkan permasalahan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.
  • Merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai macam pekerjaan pada agroindustri.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknologi Industri Pertanian adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknologi industri pertanian; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknologi industri pertanian, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknologi industri pertanian, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknologi Industri Pertanian
Sarjana Teknologi Industri Pertanian dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai perencana, perekayasa, praktisi, tenaga ahli, manajer/staff, konsultan, peneliti, quality control, supervisi atau analis, dsb, pada berbagai bidang, terutama pada bidang :
  • Industri hasil tanaman perkebunan : industri gula, kopi, teh, coklat, dsb.
  • Industri hasil tanaman hortikultura : industri pengolahan dan pengawetan buah-sayur.
  • Industri produk fermentasi : alkohol, sorbitol, HFS, bir, MSG, makanan tradisional dsb.
  • Industri hasil peternakan : industri pengolahan susu, corned beef, daging kaleng, sosis, nugget, pakan ternak, dsb.
  • Industri hasil perairan : industri pengalengan dan pengolahan hasil perairan (ikan air tawar, ikan laut seperti sarden/mackerel, tuna, udang, kerang, rumput laut dsb).
  • Industri hasil tanaman pangan : industri pangan instan, roti/bakery, flour mills, dsb.
  • Industri produk minuman dan makanan ringan : air kemasan, soft drink, syrup, confectionery, jam & jelly, snack & crackers, pangan ekstruksi dsb.
  • dsb.

Sarjana Teknologi Industri Pertanian dapat bekerja dan berkarir sebagai peneliti atau analis pada lembaga / balai penelitian atau dosen di Perguruan Tinggi atau Lembaga Pendidikan Pelatihan Profesional, dsb.

Menjadi technopreneur atau entrepreneur (wiraswasta) dengan mendirikan jasa konsultan atau kontraktor di bidang pertanian dan agroindustri, di bidang industri dan pengolahan hasil pertanian; mendirikan restoran dan catering (jasa boga), dsb.

Mata Kuliah S1 Agroteknologi
(Teknologi Industri Pertanian dan Agroindustri)
* = Mata Kuliah Pilihan Kekhususan / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Agroekologi *2
Agroklimatologi3
Agrowidyawisata *1
Akuntansi Biaya *2
Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL)2
Analisis Mutu Benih *3
Analisis Regresi dan korelasi *2
Aplikasi Komputer (Teknologi Informasi)3
Arsitektur Pertamanan (Landscape) *3
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Bercocok Tanam Tanaman Keras3
Biokimia Tanaman3
Biologi3
Biologi Tanah *3
Biologi Tumbuhan3
Bioremediasi Tanah *2
Bioteknologi Tanaman3
Botani3
Budidaya Aeroponik dan hidroponik *2
Budidaya Buah-buahan *3
Budidaya Bunga dan Tanaman Hias *3
Budidaya Oleh Tanah Konservasi *2
Budidaya Sayur-sayuran *3
Budidaya Tanaman Berwawasan lingkungan *3
Budidaya Tanaman Hias *2
Budidaya Tanaman hortikultura *2
Budidaya Tanaman Industri dan Perkebunan *2
Budidaya Tanaman Pangan *2
Budidaya Tanaman Penghasil Energi Nabati *2
Budidaya Tanaman Semusim *3
Budidaya Tanaman Tahunan *3
Dasar ilmu Tanah3
Dasar Perlindungan Tanaman3
Dasar-dasar Agronomi2
Dasar-dasar Akuntansi *2
Dasar-dasar Budidaya3
Dasar-dasar Hortikultura3
Dasar-dasar Ilmu Tanah3
Dasar-dasar manajemen2
Dasar-dasar Perlindungan Tanaman3
Ekologi Tanaman3
Ekonomi Pertanian2
Ekonomi Produksi *2
Fisika3
Fisiologi lanjutan ( Nutrisi & ZPT) *2
Fisiologi Pasca Panen Horti *3
Fisiologi Tumbuhan dan Perkembangan Tanaman2
Genetika3
Geografi Tanah3
Gizi dan Pangan *2
Hara Tanaman *2
Hubungan Tanah, Air dan Tanaman *2
Iklim Mikro *2
Ilmu Gulma *3
Informasi Sumber Daya Lahan *3
Irigasi dan Drainase2
Keanekaragaman Hayati2
Kependudukan *2
Kerja Praktek2
Kesuburan dan Kesehatan Tanah3
Mata KuliahSKS
Kewirausahaan2
Kewirausahaan Lanjutan *2
Kimia Pertanian3
Kimia Fisika Tanah Terapan *2
Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian2
Konservasi Lahan dan Air *3
Kultur In Vitro Tan *3
Kultur Jaringan *3
Manajemen Agribisnis *3
Masalah Khusus Horti *2
Matematika3
Mekanisasi Pertanian2
Metode Penelitian Agribisnis *3
Metodologi Ilmiah2
Mikrobiologi Pertanian *2
Pascapanen Hasil Pertanian *2
Pembangunan Pertanian *2
Pembiakan Vegetatif *3
Pemuliaan Tanaman3
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Pancasila2
Pengantar Bioteknologi Pertanian *3
Pengantar Ilmu Ekonomi2
Pengantar Ilmu pertanian2
Pengembangan Masyarakat Agribisnis3
Pengelolaan air2
Pengelolaan Gulma dan Teknik Aplikasi Pestisida3
Pengelolaan Hama2
Pengelolaan Lahan Pesisir *2
Pengelolaan Penyakit2
Pengelolaan Perkebunan *2
Pengelolaan Tanah dan Air *2
Pengenalan Jasad Penganggu3
Penyuluhan Pertanian *2
Perancangan Penelitian *2
Perancangan Percobaan *3
Pertanian Berkelanjutan *3
Pertanian Perkotaan dan Tata Taman *2
Peternakan dan Perikanan *2
Produksi Benih *2
Radiasi Biologi *2
Rancangan Tata Ruang *2
Reklamasi Lahan *2
Sistem Agribisnis2
Sosiologi3
Statistika3
Tataniaga Pertanian *2
Teknik Perbanyakan vegetatif *2
Teknologi Benih3
Teknologi Biofuel *2
Teknologi Instrumentasi *2
Teknologi Kultur jaringan3
Teknologi Media Tanaman *2
Teknologi Pasca Panen2
Teknologi Pembukaan dan Penyiapa Lahan *2
Teknologi Pemupukan3
Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian3
Toksikologi *2
Tugas Akhir (Skripsi)6
Undang-undang Sistem Budidaya Tanaman *2
Usahatani *3
Wimaya *2
Zat Pengatur Tumbuh *2


Kontak kami 17 Jam
Telp Bebas Pulsa : 0800 1234 000

No. WhatsApp : 08523 1234 000
Mobile : 081 1110 4824
Email :  Contact Us   klik
http://m.kuliahkelaskaryawan.id
  ⊡   Kualitas Program Studi A+
  ⊡   Kuliah Kelas Karyawan
  ⊡  s2-pendidikan-bahasa-indonesia.kuliahkelaskaryawan.id  ❁   s1-pendidikan-bahasa-arab.kuliahkelaskaryawan.id  ❁   s1-pendidikan-ilmu-komputer.kuliahkelaskaryawan.id  ⊡   program-khusus-p2k-thamrin.bursa-kerja.co.id  ❁   program-kelas-lanjutan-alghifari-p2k-unfari.bursa-lowongan.web.id  ❁   program-kuliah-sarjana-jawa-barat-p2k-unsub.nusa-dua.web.id  ❁   program-perkuliahan-pascasarjana-p2k-trianandra.kelaskaryawan.co.id  ❁   beasiswa-s1-stie-igi-jakarta-p2k-stieigi.kelas-karyawan.co.id